Sertifikasi Professional IT MCDBA (Microsoft Certified Database Administrator)

Sertifikasi Profesional IT



Dalam dunia IT, mungkin kita terampil dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office, atau mahir dalam mengoperasikan Linux, atau dalam mengelola sebuah database. Tapi saat masuk ke dunia kerja, adakah yang tahu bahwa kita memang menguasai atau ahli dalam bidang-bidang tersebut? Nah, sebagai salah satu sarana pembuktian bahwa kita memang menguasai bidang tertentu dalam dunia IT ini adalah dengan Sertifikasi IT.

Secara garis besar sertifikasi IT adalah "sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada seorang individu yang dianggap memiliki keahlian dalam bidang IT tertentu / spesifik". Bentuk penghargaan ini berupa sertifikat khusus yang umumnya disertai dengan titel tertentu.

Sertifikasi ini memiliki tujuan untuk :

·         Membentuk tenaga praktisi IT yang berkualitas tinggi,
·         Membentuk standar kerja IT yang tinggi,
·         Pengembangan profesional yang berkesinambungan.
         
  Sedangkan bagi tenaga IT professional tersebut:

·         Sertifikasi ini merupakan pengakuan akan pengetahuan yang kaya (bermanfaat bagi promosi dan gaji)
·         Perencanaan karir.

Mengenal Sertifikasi Microsoft

Secara garis besar, sertifikasi microsoft adalah suatu bentuk penghargaan dari microsoft kepada seseorang yang dianggap memiliki kompetensi terhadap teknologi Microsoft tertentu. Sertifikasi ini bisa didapatkan oleh siapapun dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti exam atau ujian khusus yang dikembangkan oleh Microsoft.

Materi ujian tentu saja berhubungan dengan teknologi dari Microsoft. Cakupannya luas dan beragam, mulai dari bidang sistem operasi, database, pemrogramannya hingga security.

Jika kita telah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus maka kita akan mendapatkan sebuah sertifikat penghargaan dan berhak untuk menyandang titel atau gelar sesuai dengan ujian yang kita ikuti. Titel ini juga sebagai bukti bahwa kita memang memiliki kompetensi dalam teknologi Microsoft tersebut.

Titel awal yang akan didapatkan jika kita dinyatakan lulus untuk satu ujian adalah MCP (Microsoft Certified Professional). Itulah sebabnya program sertifikasi Microsoft ini juga lazim disebut dengan Program Sertifikasi MCP.

Dengan mengikuti serangkaian ujian lainnya maka kita bisa mendapatkan title sertifikasi lanjutan yang tentu saja sesuia dengan bidang yang kita kuasai. Dengan kata lain, kita harus mengikuti beberapa ujian tertentu unuk mendapatkan title sertifikasi lanjutan tersebut.

Sertifikasi Microsoft Klasik

Beberapa title sertifikasi Microsot berikut materi ujiannya tidak akan dirilis lagi oleh Microsoft. Beberapa kalangan IT menyebutnya dengan nama sertifikasi klasik. Program sertifikasi klasik ini secara bertahap akan digantikan dengan program sertifikasi yang baru yang disebut dengan New Generation Certification.

Namun walaupun tidak akan diperpanjang lagi, pemegang title sertifikasi klasik tetap mendapatkan pengakuan dari Microsot untuk skill dan kompetensi yang mereka miliki, mengingat masih banyaknya penggunaan teknologi Microsoft terdahulu terutama di kalangan bisnis / perusahaan.

Beberapa macam title dalam sertifikasi Microsoft klasik antara lain ; MCP (Microsoft Certified Professional), MCDST (Microsoft Certified Desktop Support Technician), MCSA (Microsoft Certified Systems Administrator), MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer), MCAD (Microsoft Certified Application Developer), MCSD (Microsoft Certified Solution Developer), dan MDCBA (Microsoft Certified Database Administrator).

Keuntungan Memiliki Title Sertifikasi Microsoft

Keuntungan utama yang akan kita dapatkan dengan memiliki sertifikasi Microsoft diantara lain adalah sebagai berikut :
- Mendapatkan pengakuan Internasional untuk kompetensi atau skill kita dalam penggunaan teknologi Microsot.
- Meningkatkan peluang karir profesional dalam bidang IT, khususnya terhadap produk dan teknologi Microsoft.
- Memberikan nilai tambah untuk meningkatkan daya saing kita dalam bidang IT.
- Akses khusus untuk mendapatkan informasi terbaru serta resource eksklusif.
- Akses khusus untuk bergabung dengan komunitas.

MCDBA


 MCDBA singkatan dari Microsoft Certified Database Administrator adalah Sertifikasi yang ditujukan untuk professional IT yang hendak dan sedang bekerja dalam implementasi dan administrasi SQL Server. MCDBA cocok untuk Database Administrator, Database Analyst, dan Database Developer. Materinya berhubungan dengan implementasi database berbasis Microsoft SQL Server berikut administrasinya yang biasa dilakukan oleh seorang database administrator. Versi terakhir dari title ini mengacu pada SQL Server 2000. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 4 kali ujian. Sebagai contoh, untuk mendapatkan title MCDBA kita diharuskan untuk melewati 3 kali ujian utama (core exam) dan 1 kali ujian dengan materi pilihan (elective exam). Sehingga totalnya adalah 4 kali ujian.

 Berikut ini adalah contoh sertifikat MCDBA yang akan kita dapatkan apabila lulus ujian sertifikasi Microsoft.


Source :
http://kasemester5.blogspot.com/2012/11/sertifikasi-profesi-it_8871.html
http://www.sertifikasi-microsoft.com/2012/10/sertifikasi-microsoft-klasik.html
http://forevereny.wordpress.com/2012/11/06/sertifikasi-di-bidang-it/
http://www.microsoft.com/learning/en-us/mcdba-certification.aspx
http://netindonesia.net/blogs/kasim.wirama/archive/2008/03/13/mcdba-microsoft-certified-database-administrator-is-only-paper-certified.aspx

Created by Rizka Hasmulyawan (16110104) 4 KA 20

Tidak ada komentar:

Posting Komentar